_DSC7098Kembali CIBI (Cerdas Istimewa Bina Insani ) Bogor melakukan panen raya di markas Jimmy Hantu, (Kamis, 28/03/2013)  sama dengan panen – panen yang lalu, penanaman hingga panen hanya dalam jangka waktu 75 hari. Oleh sebab itu di sebut dengan Padi Cerdas 75 hari.

Hal ini sudah sering di lakukan di markas Jimmy Hantu, bukan hanya dengan siswa – siwa SD atau SMP, bahkan hingga pelaku pertanian hingga mahasiswa – mahasiswi yang ingin mengetehui teknik penanaman padi cerdas ini.

Wahana pertanian edukatif Jimmy Hantu yang baru saja panen dilakukan bersama antara tim Jimmy Hantu dengan siswa kelas 3 – 5 SD  layanan Cerdas Istimewa SD Bina Insani Bogor. Para diajarkan dan dilatih dengan tekun mulai dari tahap pengambilan benih di tempat penyemaian, menyiapkan lahan tanam, penanaman, pemupukan hingga memanen padi. Seluruh proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi diamati dan dicatat oleh siswa, untuk dilaporkan dalam sebuah jurnal individu yang bentuknya sangat sederhana. Jurnal ini mungkin sangat jauh dari kriteria penulisan ilmiah, namun mampu membangun kompetensi dalam mengomunikasikan hasil belajarnya, khususnya dalam membuat laporan.

Siswa mulai melakukan pengamatan terhadap bagaimana kondisi bibit di tempat penyemaian benih yang sudah berusia 2 minggu. Mulai dari tingginya, pertumbuhannya sampai warna daun serta apakah masih ditemukan benih yang tidak tumbuh. Hal – hal atau masalah yang di temukan, mereka komunikasikan dengan instruktur untuk menemuka jawabannya.

Banyak kompetensi yang terbangun secara alamiah dengan pembelajaran kontekstual ini, mulai dari observasi, analisis, kerjasama, pemecahan masalah, komunikasi, interprestasi sampai membuat laporan/temuan.

Penanaman padi diawali dengan proses pengenalan apa saja yang termasuk ke dalam media tanam dan sebagaimana pengolahan tanah yang baik untuk menanam padi. Siswa diperkenalkan apa saja perkakas pertanian yang di gunakan dalam menanam padi.(JO/YN/JTTV)

sumber : buku “Dahsyatnya Quantum PertanianJimmy Hantu”

Share

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *